Senin, 16 Maret 2020

UMMU MADRASATU-L-ULA

Hari ini kita saksikan banyak muslimah berlomba-lomba tampil cantik. Mengejar fashion mode terbaru dan selalu update tren kekinian. Mempelajari tutorial make up dari a-z. Tidak lupa, tutorial hijab gaul pun menjadi hobi muslimah zaman now.

Para muslimah berlomba-lomba upload foto tercantik di akun sosmed masing-masing. Ada kebanggaan tersendiri ketika foto di-like banyak orang. Makin baper ketika ada yang memuji kecantikan wajahnya. Status selebgram pun menjadi cara ampuh untuk panjat sosial di kalangan anak muda zaman now.

Ukhti, kelak engkau akan sadari. Ketika engkau menjadi bunda bagi anakmu, mereka tidak butuh ibu yang super cantik. Mereka tidak butuh ibu yang bisa tampil menor di setiap saat. Mereka tidak butuh ibu yang bajunya mahal-mahal dan kekinian. Anak-anakmu juga tidak butuh ibu yang foto selfienya di-like ribuan orang dan memiliki jutaan followers.

Tidak, mereka tidak butuh itu semua. Mereka hanya butuh ibu yang bisa mendidik mereka dengan baik. Yang mampu menjadi tempat mencurahkan isi hati mereka. Menjadi pelarian mereka saat sedang bersedih hati dan memberi pelukan hangat yang menentramkan. Mereka butuh ibu yang bisa menjadi pendamping tepat bagi ayah mereka untuk memimpin keluarga. Mereka butuh sosok teladan yang bisa mereka banggakan dan dikenang sepanjang hidup.

Ukhti, pelajarilah agamamu dengan baik. Sungguh, berkeluarga adalah ibadah seumur hidupmu. Itulah ladang terbesarmu untuk menuai pahala. Pernikahan bukan hanya tentang Fulan jatuh cinta pada Fulanah. Itu adalah ibadah terberat yang engkau mau tidak mau harus menjalaninya. Dan tidaklah ibadah itu bisa kau lakukan dengan baik tanpa ilmu yang cukup.

Bagi engkau yang sudah menikah, mari perbaiki diri. Buka kembali rencana awal mengapa engkau menikah dengannya. Pelajari ilmu agama dengan lebih serius dan jadilah ibu yang lebih baik bagi anak-anakmu. Belum terlambat untuk memperbaiki semuanya. Pelan-pelan, mulailah dari yang paling prioritas.

Bagi yang belum menikah, kesempatanmu masih ada. Sungguh, kehidupan dunia sekarang memang melalaikan. Itulah tantangan terbesar. Berusahalah untuk bisa lebih cuek pada dunia fana ini dan mulai merangkai perjalanan menuju akhiratmu. Pelajari ilmu agama ini sebagai pedoman utama hidup dan belajarlah dari mereka yang  berpengalaman. Segeralah membuat perencanaan dengan baik, karena sesungguhnya saat ini engkau berlomba dengan waktu. Kelak jika saat itu tiba, buatlah anakmu bangga memilikimu sebagai ibu.

Karena engkaulah pintu surga utama bagi anak-anakmu, maka buatlah dirimu pantas mendapat kehormatan itu. (Ummu Umar)

_Sahabat Motivasi Hijrah Indonesia_

Tidak ada komentar: